Sejak September, Warga Dua Kabupaten Serbu Kantor PN Arga Makmur

0 75

 

BENGKULU UTARA, Penasumatera.co.id – Kantor Pengadilan Negeri (PN) Kelas II Kota Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara, hari ini Jum’at (04/10/2019) siang, terlihat diserbu ratusan warga
berasal dari tiap desa se Kecamatan Kabupaten Bengkulu Utara (BU) dan Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng).

Kedatangan mereka bukan untuk menghadiri sidang dan bukan juga untuk melakukan aksi demo, akan tetapi sebaliknya kedatangan ratusan warga dua Kabupaten ke kantor Pengadilan Negeri (PN) Kota Arga Makmur, untuk meminta surat keterangan yang dipergunakan untuk pencalonan Kepala Desa (Kades), Perangkat Desa, dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Eldi Nasali, SH, MH Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Pengadilan Negeri Arga Makmur kepada media ini membenarkan kedatangan ratusan warga yang terus berlangsung ini, tujuannya meminta surat keterangan sebagai salah satu syarat ditentukan atau dipergunakan, diantaranya ada untuk Pencalonan Kades, Perangkat Desa dan juga BPD.

Mulai dari bulan September 2019 lalu, kantor PN membludak dipenuhi warga yang berdatangan. Lanjut disampaikan Eldi untuk jumlah yang mengajukan biasanya tidak membludak seperti ini, dikarenakan serentak dua Kabupaten Bengkulu Tengah dan Bengkulu Utara, jadi membludak.

Mungkin sampai dengan hari ini angkanya bisa tembus sekitar 2.300 orang,  ujarnya.

Adapun persyaratan jika melalui input manual mulai dari KTP, SKCK, pas photo 4×6, KK, pengantar dari Pemerintahan Desa, Ijazah dan mengisi formulir permohonan tertulis, sebaliknya jika melalui jalur online (aplikasi eraterang/surat elektronik) cukup KTP, SKCK dan pas photo, syarat selebihnya di input lewat aplikasi, kemudian print out nya dibawa ke loket pelayanan hukum PN Arga Makmur saat mendaftar.

Jika ditanya sampai kapan waktu kepengurusan surat keterangan ini bisa dikonfirmasi ke panitia Pemerintahan Daerah (Pemda) setempat.

Yang jelas Pengadilan Negeri dalam hal ini melayani, untuk waktu pelayanan selalu stanby sesuai jam dinas kantor mulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.30 Wib mulai Senin sampai dengan
Jum’at, kita standby.

Ini merupakan salah satu syarat yang ditentukan untuk pencalonan, berupa Surat Keterangan Tidak Pernah Sebagai Terpidana dari PN yang isinya antara lain, tidak sedang menjalani hukuman pidana penjara, dan tidak pernah dijatuhi hukuman pidana penjara berdasarkan Putusan PN yang mempunyai kekuatan hukum tetap, karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih. Tutupnya. (Yapp)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Penasumatera