Sekolah Dilarang Menahan SKHU Dengan Alasan Apapun

0 263

PALEMBANG, penasumatera.co.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)  menghimbau kepada sekolah untuk tidak menahan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) para siswanya, dengan alasan apapun.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Ahmad Zulinto,SPd,MM  melalui Kapala Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Drs. H. Herman Wijaya,MSi menegaskan kepada seluruh kepala sekolah SMP Negeri khususnya dan Swasta agar tidak memungut biaya Surat Keputusan Hasil Ujian Nasional (SKHUN).

Menurutnya, memungut biaya SKHUN bagi orang tua wali murid merupakan pelanggaran. Sebab, pengurusan ijazah atau SKHUN tidak dikenakan biaya. Demikian dikatakannya kepada wartawan,  Sabtu (15/6/).

“Sekolah dilarang untuk menahan SKHUN siswanya, dengan alasan apapun. Apalagi, tersangkut biaya dan nilau UN belum mencapai standar yang telah ditentukan.”tegasnya

Herman menjelaskan, penerbitan SKHU oleh sekolah tidak dipungut biaya, jadi sekolah dilarang memungut biaya sepeser pun..

Menurutnya selain melarang melakukan pungutan kepada peserta didiknya yang tamat, Herman, juga melarang Kepsek meminta uang kenang-kenangan maupun uang terima kasih.“Ya kita pastikan tidak ada pembayaran terkait SKHUN,” tambahnya.

Di sisi lain, Herman mengimbau kepada orang tua siswa menolak jika ada sekolah yang meminta pembayaran pada saat pengambilan SKHUN. Jika ada sekolah yang meminta bayaran, orang tua disarankan untuk melaporkan langsung ke Dinas Pendidikan Kota Palembang untuk ditindaklanjuti.

“Orang tua jangan mau jika diminta pembayaran, pada saat pengambilan ijazah, laporkan langsung kepada kita Dinas Pendidikan, pasti akan kita tindaklanjuti. Sekolah tidak melakukan pembiayaan terkait fotokopi, kertas map ataupun yang lainnya SKHUN maupun ijazah,biaya tersebut sudah terakomodir didalam dana Bantuan Operasi Sekolah (BOS)

“kami selaku pika Dinas Pendidikan Kota Palembang berharap agar tidak menghambat siswa yang akan menggunakan SKHUN karena bisa jadi nantinya secara mendadak akan diperlukan oleh mereka, dan SKHU ini sangat diperlukan siswa untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang berikutnya,”Pungkasnya(hsb)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Penasumatera