Sekolah Negeri Dilarang Komersil

0 40

PALEMBANG – Dinas  Pendidikan pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Palembang mengimbau kepada seluruh pemilik yayasan lembaga pendidikan untuk tidak mencari keuntungan yang berlebihan dan terkesan mengkomersilkan tempat pendidikan yang didirikan, ujar  Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) Palembang, Ahmad Zulinto, S.Pd.MM.

Zulinto mengatakan setiap orangtua tentunya akan memilih pendidikan yang terbaik untuk anaknya. “Yang harus diingat, tempat pendidikan yang mahal belum tentu berkualitas,” ungkapnya, Rabu (20/1)

“Memang tidak ada larangan untuk hal tersebut, tetapi pemilik yayasan harus konsisten bahwa lembaga pendidikan itu merupakan pelayanan publik dan bertujuan untuk meringankan beban masyarakat,” katanya.

Lanjutnya, pemicu komersialisasi lembaga pendidikan itu dikarenakan ada sebagian orangtua yang sanggup membayar mahal tempat pendidikan dengan syarat anaknya bisa mendapatkan pelayanan yang baik. “Paradigma ini yang salah sehingga pemilik yayasan mulai memikirkan untuk mencari untung yang berlebihan dengan adanya permintaan seperti itu,” terangnya.

Zulinto menambahkan, pihaknya hanya bisa menghimbau dan memilah dengan selektif pihak yang akan mendirikan lembaga pendidikan supaya tidak untuk bertujuan mencari keuntungan. “Dominasi sekolah swasta bertindak demikian, tidak ada sanksi yang diberikan karena tidak ada regulasi yang mengatur sanksi untuk hal yang berkaitan dengan komersialisasi lembaga pendidikan,” kata Zulinto.

Sekolah negeri, lanjutnya, tidak diperkenankan untuk mengkomersilkan tempat pendidikan dan hal tersebut jelas diatur didalam Permendiknas. “Pungutan biaya di sekolah negeri harus disepakati terlebih dahulu melalui rapat komite, kalau tujuannya untuk mengkomersilkan tempat pendidikan tentu sangat dilarang,” katanya lagi.

Adapun sekolah negeri yang berbeda dengan sekolah negeri pada umumnya dikarenakan sekolah tersebut mantan rintisan sekolah berstandar internasional (RSBI). “Fasilitasnya cukup dan kalau ada pungutan biaya untuk keperluan sekolah itupun sudah disepakati oleh komite melalui rapat, Dalam rapat inilah yayasan dan sekolah akan memaparkan kebutuhan-kebutuhan. Dalam rapat ini akan dipaparkan kebutuhan mana yang akan dipenuhi yayasan dan mana yang harus dipenuhi orang tua,” tuturnya (hbi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Penasumatera