Selama Sepekan, Mall Di Palembang Tutup

0 1.089

Palembang, Pena Sumatera co.id —  Selama sepekan ini mall mall besar dikota Palembang tutup terhitung mulai hari Rabu (28/7 hingga Senin (2/8) mendatang. Mall besar yang tutup mulai dari Palembang Square (PS) Mall, PSx Mall, Palembang Icon Mall, Palembang Indah Mall (PIM) dan Palembang Trade Center (PTC) Mall. Penutupan serentak ini menyusul surat edaran Walikota Palembang yang mewajibkan Mall mengikuti aturan Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Surat edaran Walikota ini mewajibkan mall menutup tempat usahanya kecuali essensial sector seperti supermarket yang menjual sembako dan beragam kebutuhan pokok lainnya, apotek dan restoran.

“Sesuai surat edaran Walikota, maka semua operasional Mall tutup, kecuali Carefour yang menjual sembako, apotek dan obat-obatan serta restoran dan tempat makan. Hanya saja untuk Restoran hanya melayani take away atau tidak makan ditempat,” kata Intan Indirayani, Marketing Communication PS Mall, kemarin.

Masih kata Intan, untuk Jam operasional layanan restoran, supermaket dan obat-obatan dibatasi hingga pukul 20.00 wib.

Kondisi yang sama juga berlaku di Palembang Icon Mall, yang operasionalnya hanya dibuka sebagian hingga pukul 20.00 setiap hari.

Marketing Communication Palembang Icon Mall, Edo merinci layanan yang tetap dibuka hingga 2 Agustus mendatang, yakni restoran dan food baverage tetap dibuka hanya saja khusus untuk layanan take away atau dibawa pulang dan dilarang makan di tempat. Juga gerai yang menjual obat-obatan dan supermarket, Foodmart.

“Akses pintu keluar masuk hanya kita buka satu pintu saja di pintu utama dekat PSCC. Pengunjung yang datang juga akan kita batasi maksimal 20 orang serta wajib masker dan mentaati aturan prokes, “katanya.

Sementara itu pantauan di Palembang Icon terlihat sepi dan gelap, karena hanya beberapa gerai seperti supermarket dan restoran lantai bawah yang masih buka. Itupun yang belanja hanya beberapa orang dan hanua petugas ojol yang melintas untuk memesan makanan by online.
Melly Store Manager The BodyShop Palembang Icon Mall mengakui kalau gerai mereka tutup selama seminggu kedepan. “Pihak mall mengeluarkan surat edaran dan kita harus mematuhi dengan menutup gerai,”katanya sedih.
Untuk tetap bisa berjualan pihaknya kata Melly mengaktifkan penjualan lewat online. Dan menawarkan beragam promo dan diskon dengan harga menarik. “Saat ini kita hanya jualan online saja mbak,”katanya saat dikonfirmasi.
Sementara itu JM grup untuk cabang di PS mall juga tutup mengikuti aturan pemerintah. Sementara untuk pasaraya JM karena ada Supermarket tetap buka dan melayani masyarakat hingga pukul 20.00 wib.
“Kita ikut aturan mall u JM PS Mall untuk tutup. Begitu juga untuk swalayan buka sesuai aturan juga, kata Deni Mulyawan Manager General Affair JM Group saat dikonfirmasi.
Sama halnya di kawasan Palembang Trade Center (PTC) Mall terlihat sepi. Ditempat parkiran hanya ada beberapa kendaraan yang melintas dan selebihnya sepi dan kosong. Dipintu masuk hanya ada petugas keamanan dan petugas ojol yang memesan makanan untuk konsumennya.
Hanya di Lottemart grosir terlihat ramai karena banyak komsumen yang belanja beragam kebutuhan sembako dan bahan pokok. “Kita sudah buka sejak pukul 08.00.wib pagi sampai pukul.20.00.wib untuk melayani konsumen,”kata salah satu karyawannya. (fie)
Baca Juga
Penasumatera