SMKN 1 Prabumulih Borong Juara LKS SMK TK Prov. Sumsel

0 53

PALEMBANG, Penasumatera.co.id – Bibit baru siswa kembali dicetak melalui Ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) untuk jenjang SMK se-Sumsel tahun 2018. Untuk merebutkan tiket ajang LKS nasional ke Yogjakarta, Mei 2019 mendatang,  berbagai Program Keahlian (PK) unggulan masing-masing sekolah dilombakan selama dua hari tersebut.

Ditahun 2018, ini Lomba LKS Tingkat provinsi Sumatera Selatan berhasil direbut oleh SMKN 1 Prabumulih, sekolah tersebut  berhasil memborong juara di setiap tangkai lomba yang digelar.

Kepala SMKN 1 Prabumulih Akhmad Sunanto mengatakan, pihaknya selalu menggembleng siswa mulai dari kelas X. “Kompetisi ini dilaksanakan mulai dari kelas. Setelah kita bina lalu kita lombakn antar kelas dan dikirim ke tingkat kota. Barulah bis ikut ajang di provinsi,” ujarnya saat penutupan LKS tingkat provinsi di Horison Ultima, Kamis (25/10/2018).

Keberhasilan sekolah ini memboyong juara umum karena siswanya berhasil menyabet juara 1 ada tiga keterampilan, juara 2 ada satu keterampilan dan juara 3 ada satu keterampilan. “Kita datang langsung ke Palembang untuk mendukung mereka secara penuh. Apalagi kalau melihat SMK lain yang tak kalah hebatnya. Jadi kita harus support penuh para siswa kita,” terangnya.

Atas keikutsertaan para siswanya ke tingkat nasional, pihaknya juga akan berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel yang bersedia mensupport dengan menyediakan pembimbing dari dunia industri (Dudi). “Target kita ke nasional juara satu. Meskipun begitu tetap ada reward bagi siswa yang akan diberikan sekolah baik itu juara 1, 2, dan 3,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Disdik Sumsel, Drs H Widodo MPd mengatakan, LKS ini merupakan ajang bagi sekolah dan siswa untuk menunjukkan kinerja setahun terakhir. Dengan begitu akan terpilih wakil ke tingkat nasional di Yogjakarta nanti. “Saya melihat perubahan yang luar biasa karena juara umum bukan di Palembang, melainkan di daerah (Prabumulih). Ini menjelaskan mutu dan kualitas keterampilan SMK terangkat dan merata,” ungkapnya.

Ia optimis para siswa ini ini akan mendapatkan kerja yang baik. Apalagi Disdik juga akan mendatangkan pendmping para juara dan menyiapkan sarana maupun prasarana. “Ini kesempatan untuk unjuk prestasi. Tidak hanya olahraga saja tapi soal akademis dan vokasi juga harus mampu bersaing ditingkat Nasional,” pungkasnya (Hasan Basri)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.