Tambur Khas Sumbar Terus Eksis di Kota Batubara

0 68

TANJUNG ENIM, Penasumatera.co.id – Tambur merupakan khas kesenian dari Padang Sumatera Barat selalu di pakai pada saat arak arakan pengantin,   penari piring dan pencak silat juga merupakan bagian dari kesenian tambur ini.

Seperti layaknya Ikatan Keluarga Jorong pandan .IKJP Sumatera Barat yang ada di Kecamatan Lawang Kidul selalu digunakan pada saat warga yang berasal dari Sumatera Barat menikahkan anaknya, dan sangat jelas terlihat begitu Semarak nya suara tambur yang menandakan ada pasangan pengantin yang berasal dari tanah Minang ini.

Kesenian tambur khas Sumatera Barat ini yang masuk dalam ikatan keluarga Jorong pandan sudah 30 tahun lebih berada di Kecamatan Lawang Kidul kabupaten Muara Enim dan turut menjadi saksi sebagai tanda arak-arakan masyarakat yang berasal dari Minang pada saat menikahkan anaknya jelas pimpinan IKJP   akhir pekan kemarin.

Hari ini ada salah satu warga Pasar Tanjung Enim yang menikahkan anaknya sehingga pada saat arak-arakan tambur pun harus meramaikan diiringi dengan pencak silat yang diperagakan oleh IKJP. . ungkapnya.

Deddy Irhandi (36) warga Pasar Tanjung Enim mengaku sangat takjub dengan apa yang diperagakan oleh IKJP ini .

Diakuinya bahwa Tanjung Enim ini dipenuhi oleh berbagai macam suku  (Hitrogen) sehingga banyak masyarakat yang mempunyai cara tersendiri dalam memeriahkan pernikahan anaknya misalnya dari Jawa mereka menggunakan reog dan dari Minang mereka juga menggunakan tambur seperti yang disaksikan pada hari ini ungkapnya.

Kita harapkan dari berbagai banyaknya jenis kesenian dapat menjadikan kedekatan silaturahim dan tetap menghargai berbagai macam perbedaan dalam satu persatuan harap Dedi. (jazzi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.