Tim Merah Putih Polres OKI Cegah Aksi Kriminal Jalanan

0 383

KAYUAGUNG, penasumatera.co.idDalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terhadap pelaku kejahatan yang kerap menyasar di jalanan, Polres OKI membentuk Tim Khusus Garuda Merah Putih yang beranggotakan personil kepolisian pilihan.

Tim yang dibentuk ini dibagi dalam 2 regu yakni regu Merah yang bertugas siang dan regu Putih yang menjalankan tugasnya pada malam hari.

Meski terbilang baru dibentuk, keberadaan tim anti bandit ini terbukti efektif dalam mencegah aksi kriminalitas yakni dengan keberhasilan regu Putih dalam meringkus pelaku kejahatan yang merupakan kelompok pelaku kejahatan  jalanan yang selama ini meresahkan. Penangkapan ini sendiri didapati barang bukti berupa senjata tajam Selasa (4/9/2018) dini hari.

Dengan demikian, pengungkapan berbagai kasus kejahatan jalanan hingga menyasar ke otak pelaku kejahatan semakin memberikan rasa aman ditengah keresahan ancaman tindak kriminal.

Kapolres OKI AKBP Ade Harianto, SH. MH melalui Kasubag Humas Polres OKI IPDA Ilham Parlindungan mengatakan dalam sejumlah kasus di jalanan yang berhasil diungkap aparat keamanan, menunjukkan fakta bahwa telah terjadinya peningkatan kejahatan terutaman di jalanan.

“Keberadaan Tim Garuda Merah Putih ini sendiri untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat di wilayah hukum Polres OKI khususnya kejahatan yang meresahkan pengguna jalan,” ujarnya Rabu (5/9/2018).

Ilham juga menuturkan, sebagai “Penjamin Keamanan”, anggota Tim Anti Kejahatan sendiri bukan sekedar polisi biasa, melainkan telah dibekali skill tersendiri, antara lain kemampuan bela diri dan ahli menggunakan senjata api.

“Kemampuan anggota tim dalam deteksi dini kejahatan, memberikan pengamanan terutama di daerah rawan, hingga pengungkapan kasus dengan cepat, merupakan indikator keberhasilan yang harus dipenuhi tim ini,” jelasnya.

Perwira ini juga menjelaskan, meskipun Polres OKI selalu berupaya menjaga keamanan, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat untuk saling membantu menciptakan suasana kondusif tanpa dibayangi rasa ketakutan terhadap pelaku kejahatan.

“Masyarakat tentunya juga harus tetap mewaspadai segala bentuk kejahatan. Laporkan sedari awal jika ada potensi terjadinya tindak kejahatan, jangan beri sedikit pun ruang bagi pelaku kriminal melancarkan aksinya,” tuntasnya (Rachmat Sutjipto)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.