Unsri Gelar Pendampingan Enumerator Kepada siswa SMAN 1 Banyuasin II

0 120

Palembang, Pena Sumatera – Kekayaan sumberdaya pesisir dan kelautan merupakan sumber ekonomi masyarakat di wilayah pesisir. Kekayaan sumberdaya ikan, udang-udangan, kerang-kerangan membantu masyarakat dalam mensejahterakan keluarga dan lingkungannya. Sementara, Luasnya ekosistem mangrove di perairan Banyuasin merupakan modal dasar bagi sumberdaya biota sebagai tempat memijah, mencari makan maupun pengasuhan. Nilai ekonomi sumberdaya pesisir dan lautan perlulah di konversi dalam bentuk rupiah, agar masyarakat dan pemangku kepentingan semakin paham akan peran sumberdaya pesisir dan lautan, sehingga akan secara sadar untuk memanfaatkannya secara bijaksana. Pemahaman dan Teknik dalam memvaluasi ekonomi sumberdaya inilah yang akan ditransfer knowledge dari proses praktik lapangan. Sehingga siswa dan masyarakat setempat dapat berpartisipasi memanfaatkan sumberdaya pesisir lautan sebagai sumber ekonomi secara bertanggung jawab. Pada periode semester Ganjil 2022/2023 di kurikulum Jurusan Ilmu Kelautan juga diselenggarakan mata kuliah Ekonomi sumberdaya pesisir dan lautan beserta kegiatan praktikum lapangannya. Kegiatan ini dapat disinergiskan dengan kegiatan Pengabdian Terintegrasi.

Peningkatan hardskill bagi siswa SMA sangatlah penting, mengingat saat ini, bidang konservasi sudah menjadi tren masa depan dengan slogan green economy dan blue economy, salah satunya di perairan pesisir dan lautan. Kegiatan ini ditujukan kepada siswa-siswa SMA di Desa Sungsang dengan tujuan agar nantinya siswa tersebut memiliki bekal pemahaman lebih baik dalam menghargai lingkungan dan mau membagikan pengalamannya kepada rekan dan keluarganaya yang lain. Disisi lain, mendukung program pemerintah pada kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sehingga mahasiswa dapat berkontribusi nyata bagi masyarakat dengan beraktifitas di luar kampus secara lebih terarah dan bertanggung jawab.

Staf Kesiswaan Bapak Armin, S.Pd SMA N 1 Banyuasin II selaku perwakilan dari pihak sekolah menyambut baik kegiatan serupa karena selain dapat menambah ilmu baru bagi peserta didik juga dapat memotivasi siswa SMA N 1 Sungsang Banyuasin II agar memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mengingat masih rendahnya tingkat pendidikan warga Sungsang saat ini.

Animo siswa SMAN 1 Banyuasin II pun sangat baik, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh mereka terkait topik yang diberikan. Pada kegiatan juga dilakukan simulasi langsung untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa jika bertindak sebagai enumerator lapangan. Sandra siswi SMAN 1 Banyuasin II  berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan secara berkala dan konsisten agar dapat menambah wawasan terutama mengenai daerah tempat tinggal mereka.

Mahasiswa mata kuliah Ekonomi Sumberdaya Pesisir dan Laut pun sangat bersemangat mengikuti praktik lapang, karena mereka dapat terjun langsung memperoleh pengalaman belajar secara nyata sehingga ilmu yang diperoleh di kelas dapat diterapkan langusung di tengah masyarakat pesisir.

Dr. Fauziyah selaku ketua tim mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk bakti akademisi kepada negeri, agar ilmu yang dimiliki dapat disebarkan dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat Desa Sungsang. Tim kegiatan meliputi Fitri Agustriani, Ellis N Ningsih,Wike Ayu Eka Putri, Indra Yustian, Rezi Apri, dan Hartoni serta dibantu adik-adik mahasiswa Alfian, Artha, Wahyuni, Reni Enggila, Gita, Juhro, Gusti Ayu, Oka, dan Asyura merupakan Dosen dan mahasiswa Jurusan Ilmu Kelautan, FMIPA, Universitas Sriwijaya. (*/fie)

Baca Juga
Penasumatera