UPTD di Hapus, Ratusan Kepala UPTD Seluruh Kecamatan di Lahat Bakal Dilantik

0 1.695

LAHAT, penasumatera.co.id – Terkait penghapusan ratusan Kepala Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (UPTD) dan Kepala Seksi (Kasi) yang berada diseluruh Kecamatan, di Kabupaten Lahat, yang Non Job, rencananya bakal dilantik kembali.

“Awalnya benar seperti itu, setelah dipelajari ternyata adanya perubahan Nomenklatur sehingga, ratusan kepala unit pelaksana tekhnis daerah (UPTD) didalam Kabupaten Lahat, rencananya bakal dilantik lagi,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lahat H.Januarsyah.SH.MM, Minggu (7/7/2019).

Untuk diketahui, sambungnya, pelantikan terhadap 135 pejabat yang belum lama ini dilakukan oleh Kepala Daerah bukan untuk mengkangkangi dari aturan yang ada. Melainkan, untuk mengisi kekosongan.

“Oleh sebab itu, dalam waktu dekat ini, Pemkab Lahat bakal melakukan pelantikan kembali terutama ratusan kepala unit pelaksana tekhnis daerah (UPTD) yang ada diseluruh Kecamatan, Kabupaten Lahat,” tambahnya.

Diakui Januarsyah, sebetulnya penghapusan ratusan Kepala UPTD tersebut, sudah dilakukan sejak Bulan Juni lalu dan diperkuat dengan Permendagri Nomor 12 tahun 2017 yang isinya semua Unit Pelaksanaan Tekhnis Daerah (UPTD) harus dievaluasi.

“Untuk jumlah UPTD sendiri bisa mencapai 50 lebih. Namun, kalau untuk kepala UPTD dan Kepala Seksi (Kasi) jelas mencapai ratusan. Walaupun tersingkir sejenak baik kepala maupun kasi tidak akan mempengaruhi dalam memberikan pelayanan Pemerintah Kabupaten Lahat, untuk ditingkat Kecamatan,” urainya lagi.

Pasca perombakan dan penghapusan bagi seluruh UPTD yang ada ditingkat Kecamatan dalam Kabupaten Lahat, dijelaskan Sekda Lahat, dikarenakan pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) ini, ada yang terkena sangsi Disiplin, memasuki masa Pensiun, Revisi, dan Promosi.

“Ada empat poin yakni, disiplin, revisi, masa pensiun dan promosi jabatan. Nah, untuk UPTD sendiri selama ini dianggap tidak efisien. Oleh karenanya, dalam waktu dekat kita akan melakukan evaluasi secara internal guna persiapan untuk dilantik kembali nanti,” ujarnya.

Setelah menerima laporan dari Dinas terkait, diungkapkan H.Januarsyah.SH.MM menyampaikan, tercetuslah ada empat poin yang dimaksud diantaranya, ada Aparatur Sipil Negara (ASN) ini, dikenakan sangsi Disiplin, telah memasuki masa Pensiun, Revisi, dan Promosi jabatan.

“Revisi, kekosongan, promosi, dan pensiun. Terakhir, dikarenakan adanya perubahan Nomenklatur, sehingga, Pemkab Lahat kembali mengisi kekosongan dan akan segera melakukan pelantikan secara serentak termasuk untuk ratusan kepala UPTD tersebut,” kata Sekda Lahat. (D0d)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Penasumatera