Usman Apriadi Resmi dilantik Jadi Ketua Perhiptani Kota Palembang

0 75

Pallembang, Pena Sumatera – Usman Apriadi, resmi dilantik sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Indonesia Agricultural Extentionist Asosiation (AIEA)  Kota Palembang periode 2022-2027.

Perhiptani diharapkan dapat menampung aspirasi, menggerakan penyuluh sebagai agen perubahan dan inovasi, memfasilitasi kepentingan serta memperjuangkan eksistensi penyuluh pertanian.

“Tujuan kita dapat memperjuangkan dan memberikan edukasi kepada petani yang ada di Kota Palembang,” kata Usman Apriadi, usai pelantikan di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Rabu 14 September 2022.

Dikatakan Usman, program yang akan dilaksanakan nantinya yakni dapat aktif menjadi mitra kerja dan memberikan rekomendasi serta masukan yang dapat dijadikan salah satu dasar kebijakan, yang berpihak pada pembangunan pertanian di Kota Palembang.

“Tentunya kita akan lebih giatkan lagi dalam memberikan rekomendasi dan masukan kepada petani,” terangnya.

Selain itu, pelatihan yang akan dilaksanakan yakni bekerja sama dengan Balai Pelatihan Pertanian  Lampung yang telah diprogramkan oleh Dinas Pertanian kota dan provinsi. Kerjasama ini diharapkan bisa bersinergi antara organisasi Perhitani dan stakeholder dalam hal ini menjadi mitra petani dan gapoktan yang ada di kota palembang.

“Kita sudah ada kerjasama dengan Balai Pelatihan Pertanian Lampung untuk melakukan penyuluhan dan bimbingan,” tambahnya lagi.

Lebih lanjut, dia menerangkan dengan adanya kenaikan BBM akan mengurangi tingkat pendapatan para petani. Dengan ini, pihaknya akan berupaya mencari solusi agar bisa sama-sama melakukan efisiensi pendampingan kelompok perhiptani.

“Akan mencoba dari segi pemasaran akan dihubungkan melalui produsen dan langsung ke konsumen,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPW Perhiptani Provinsi Sumatera Selatan Listoyo, S.E., S.P., M.Si menambahkan, dalam rangka mewujudkan pertanian yang berwawasan agribisnis, penyuluh pertanian mempunyai kedudukan dan peranan penting di dalam pembangunan nasional, khususnya pembangunan pertanian.

“Mengingat perlunya wadah yang menampung dan mengolah gagasan pengetahuan, keahlian, pengalaman dibidang penyuluhan pertanian, maka dibentuklah suatu organisasi profesi yang berbentuk perhimpunan untuk dipergunakan secara aktif dan teratur mengembangkan ilmu penyuluhan pertanian dan penerapannya bagi pengembangan pertanian progresif dan kemakmuran bangsa yang merata,”ungkap Listoyo.
Hadirnya PERHIPTANI sebagai organisasi diharapkan dapat memberikan saran dan pertimbangan kepada pemerintah dalam penyelenggaraan penyuluhan pertanian, meningkatkan mutu, kompetensi dan profesi penyuluh pertanian (ASN, Pensiunan ASN, penyuluh pertanian swasta dan penyuluh pertanian swadaya).
“Perhiptani Kota Palembang juga diharapkan menjalin kerjasama dengan lembaga penelitian, Perguruan Tinggi, organisasi profesi dan badan-badan lain didalam negeri maupun diluar negeri untuk pengembangan dan penyebarluasan penyuluhan pertanian, menyelenggarakan dan mengikuti pertemuan ilmiah yang berkaitan dengan ilmu penyuluhan pertanian di dalam maupun di luar negeri, serta membantu mendorong peningkatan kesejahteraan anggota dan memberikan perlindungan dan bantuan hukum (advokasi) kepada anggota,”harap Listoyo.(fie)
Baca Juga
Penasumatera