Wayang Yogya Night Carnival 4, Tampilkan 14 Karakter Wayang Kapi- Kapi

0 22

PALEMBANG, Penasumatera.co.id – Mengulang kesuksesan Wayang Jogja Night Carnival tahun lalu, kini event tahunan terbesar di Kota Yogyakarta kembali menyapa warga dan wisatawan Kota Gudeg. Diadakan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-263 Kota Yogyakarta, Wayang Jogja Night Carnival #4 hadir dengan tema yang tak biasa.

Wayang Jogja Night Carnival #4 yang akan dihelat 7 Oktober 2019 mendatang akan mengusung tema Ringgit Wanara Kagungan Dalem Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau yang juga dikenal sebagai Wayang Kapi-kapi.

Wayang Kapi-kapi sendiri merupakan wayang milik Kraton Yogyakarta yang jarang go public. Ia terbilang unik, lantaran memiliki bentuk perpaduan bagian tubuh hewan yang merepresentasikan kehidupan di dunia.

Terpilihnya Wayang Kapi-kapi menjadi tema Wayang Jogja Night Carnival #4 tidaklah tanpa alasan. Yetti Martanti, S.Sos,M.M. selaku Show Director WJNC mengatakan, event ini akan menjadi ajang mendekatkan masyarakat dengan 14 karakter Wayang Kapi-kapi yang jarang terekspos.

“Agar masyarakat bisa mengenal Wayang Kapi-kapi dan memaknai filosofinya dalam kehidupan sehari-hari. Karena Wayang Kapi-kapi sendiri mengajarkan agar kita harus saling mengayomi meski memiliki pribadi berbeda-beda, sangat pas untuk konteks seperti sekarang,” ujarnya.

Wayang Kapi-kapi terdiri dari 14 karakter yang kuat, di antaranya Wayang Kapi Kingkin, yang memiliki bentuk perpaduan antara kepiting dan kera. Merupakan ciptaan Sang Hyang Baruna (Dewa Ikan), ia memiliki andil besar dalam menyelamatkan proses pembangunan jembatan menuju Negara Ngalengka. Wayang Jaya Harima atau Wayang Kapi Harima, yang memiliki badan dan ekor kera serta berkepala harimau. Merupakan satu di antara bala tentara Pancawati pimpinan Prabu Ramawijaya, ia memiliki kecekatan dan kekuatan yang disegani oleh bala tentara Ngalengka. Wayang Kapi Wraha, yang berbadan kera serta berkepala babi hutan. Ia merupakan bagian tak terpisahkan dari bala tentara Pancawati.

Ke-14 Wayang Kapi-kapi nantinya akan diperagakan oleh 14 kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta dalam pawai Wayang Jogja Night Carnival #4.

Terdapat 7 seniman profesional sebagai tim kreatif yang membantu peserta dalam mengawal proses produksi peserta, yaitu KPH Notonegoro, RM. Kristiadi,S.Sn., Ali Nursotya Nugraha, M.Sn., Anon Suneko,M.Sn., Emerentiana Tri Ikhtiarningsih,S.Pd., Agung Tri Yulianto,S.Sn dan Hermawan Sinung Nugroho, S.Sn,” imbuh Yetti. Di antara 7 seniman profesional itu, lanjutnya, salah satunya adalah KPH Notonegoro yang merupakan sosok yang sangat concern dalam mengembangkan budaya Kraton.

Dengan adanya kreativitas dan pengetahuan yang dimiliki, Yetti Martanti,S.Sos.,MM. berharap masyarakat semakin mengenal Wayang Kapi-kapi. (Ofie)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Penasumatera