Wujudkan Kerja Sama, Nyata, Berkualitas dan Transparan Menuju Muratara Bangkit

Hari Jadi ke-5 Kabupaten Muratara

0 21

MURATARA, Penasumatera.co.id –  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), menggelar rapat Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Muratara yang ke-5 bertempat di gedung DPRD Muratara.

Paripurna Istimewa DPRD Muratara, dalam rangka HUT Kabupaten Muratara 2018 mengusung tema ‘Semangat Peringatan Hari Jadi ke-5 Kabupaten Muratara, Kita Wujudkan Kerja Sama, Nyata, Berkualitas dan Transparan Menuju Muratara Bangkit serta Kita Sukseskan Pelaksaan Pilkada Serentak dan Asian Games XVIII’.

Rapat Paripurna merupakan puncak dari Serangkaian kegiatan dalam memperingati hari jadi Kabupaten Muratara yang ke-5 tahun 2018.

Rapat Paripurna Dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Muratara, Efriyansah S.sos, didampingi oleh Wakil Ketua I, Hendri, Ketua II, H.A Sadak dan dahadiri juga oleh Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat, Wakil Bupati Muratara, H. Devi Suhartoni, Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin.

Adapula rombongan Anggota Dewan terhormat dari Komisi I sampai dengan Komisi III, DPR RI, DPRD Provinsi, TNI, POLRI, Organisasi Perangkat daerah (OPD) dan Forum Kordinasi Perangkat Daerah (FKPD).

Seperti biasa Rapat Paripurna memperingati hari jadi Kabupaten Muratara sebagai momentum untuk terus membenahi Kabupaten Muratara baik Infrastruktur, Pembangunan dan lain-lain.

Bupati Muratara, H.M Syarif Hidayat mengatakan atas nama masyarakat dan Pemerintah Daerah, mengucapkan selamat datang para tamu undangan di peringatan hari jadi Kabupaten Muratara yang ke 5.

Dalam hal ini, tentunya Muratara mempunyai komitmen yang kuat dari semua stekholder untuk meningkatkan capaian pengurangan angka tingkat pengganguran terbuka 6.11 persen tertinggi ke-3 dari kabupaten/kota se Sumsel.

Angka indek pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Muratara 62.32 persen yang mengalami peningkatan 0.73 persen sejak tahun 2016. Sementara angka kemiskinan mengalami penurunan 0.1 persen dari tahun 2016, tentu capaian ini masih peringkat ke 16 dari Kabupaten/kota se Sumatra Selatan.

“Untuk itu pada saat ini kami fokus pada infrastruktur dasar, jalan, jembatan, air bersih, sinitasi dan listrik lingkungan, serta Kesehatan dan Pendidikan,” katanya.

Sementara pembangunan jaringan listrik awal 2016 terdapat 64 desa telah dialiri listrik dan awal 2018 tinggal 1 desa yang belum dialiri listrik dari 82 desa 7 kelurahan dan 7 kecamatan, target kami akhir 2018 setiap desa semua sudah masuk listrik,” tuturnya.

Tak hanya itu, pemerintah juga Fokus dalam bidang pertanian memanfaatkan lahan tidur atau lahan terlantar masyarakat sebagai masukan pendapatan bagi masyarakat selain karet dan sawit.

“Disisi lain pemerintah juga telah membangun SDM muratara yang berakhlakul karimah dengan mengirim 300 putra-putri muratara agar hafiz qur’an di pondok-pondok pesantren ternama di pulau Jawa,” ujarnya.

Lebih lanjut Syarif mengatakan, untuk anak-anak suku dalam juga akan mendapatkan kesempatan bersekolah dimana akan baru dimulai pembangunan asrama SAD.

“Termasuk pembangunan dalam bidang pelayanan pada masyarakat juga kita fokuskan seperti kesehatan,” ucapnya.

Oleh karena itu, keberhasilan pembangunan tidak lain adalah untuk mewujudkan masyarakat yang makmur, aman, cerdas dan bermartabat menuju Muratara Bangkit 2021.

Sementara itu, Ketua DPRD Muratara, Efriyansyah mengatakan Kabupaten Muratara bisa menjadi kabupaten yang aman dan bermartabat serta makmur.

“Kami berharap apabila ada yang kurang baik dalam satu tahun ini semoga diusia Kabupaten Muratara pada tahun mendatang menjadi lebih baik lagi,” harapnya.

Karena dengan peringatan HUT Kabupaten Muratara ini sebagai momentum, apresiasi pelaku sejarah sebagai pembangunan daerah menuju Muratara Bangkit sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Muratara

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dalam sambutannya, mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Muratara yang ke-5.

“Semoga menjadi kabupaten lebih baik lagi kedepan dan masyarakatnya yang makmur, aman, cerdas dan bermartabat,” katanya.

Dalam hal ini, Alex Noerdin menyampaikan bahwa di 2018 ini Jakarta dan Palembang terpilih menjadi tuan rumah ajang perhelatan

Asian Games ke XVIII, sehingga meminta dukungan semua masyarakat untuk ikut menyukseskannya.”Asian Games 2018 ini merupakan event terbesar dibidang olah raga se Asia Tenggara, sehingga kita berharap daerah kita harus zero konflik,” katanya.

Selain itu, pada tahun politik ini juga mengingatkan masyarakat pada Pilkada serentak untuk datang ke TPS menggunakan hak suara untuk memilih dan jangan sampai salah pilih pemimpin.(do)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.