Yonif 141/AYJP Terima Kunjungan Tim Aswas USJM dari Disjasad

0 42

MUARAENIM, Penasumatera.co.id – Batalyon Infanteri 141/Aneka Yudha Jaya Prakosa (AYJP) terima kunjungan Tim Asistensi dan pengawasan (Aswas) Uji Siap Jasmani Militer (USJM) dari Dinas Jasmani Angkatan Darat (Disjasad) yang dipimpin oleh Letkol Inf A. Fisviyanto, S.Pd., M.Pd. yang diterima langsung oleh Komandan Batalyon Letkol Inf Aswin Suladi, S.E., M.Ak. bertempat di Markas Batalyon Infanteri 141/AYJP Karang Raja Kabupaten Muara Enim, Senin (24/6/2019).

Kegiatan Aswas USJM dari Disjasad tersebut untuk mengetahui kemampuan Batalyon Infanteri 141/AYJP, karena mutu dari suatu Satuan sangat ditentukan oleh kesiapan personelnya dalam melaksanakan tugas sesuai dengan fungsinya. Salah satunya kesiapan personel yang harus dibina adalah kesiapan Jasmani.

Kegiatan latihan pembinaan fisik atau jasmani ini rutin dilaksanakan oleh seluruh prajurit Yonif 141/AYJP, karena latihan ini merupakan kewajiban bagi prajurit, dengan latihan maka kemampuan seorang prajurit akan tetap terasah dengan baik, sehingga seorang prajurit akan selalu siap menghadapi tantangan dalam keadaan apapun. Adapun bentuk latihan yang diselenggarakan dalam USJM ini meliputi kegiatan Cross Country (CC), Speedmars dan Hanmars yang dilaksanakan secara bersama dalam satu peleton, sehingga selain mengasah kemampuan juga mempererat soliditas prajurit.

Dalam penyelenggaraan latihan ini peran penyelenggara dan pendukung latihan juga sangat diperlukan sebagai bagian dalam melaksankan kegiatan latihan. Seperti halnya kegiatan yang lain peran petugas kesehatan, pengamanan maupun dokumentasi juga turut mendukung dalam latihan ini. Maka sebelum melaksanakan latihan para penyelenggara dan peleku sebelumnya akan melaksanakan briefing terlebih dahulu agar kegiatan berjalan dengan lancar.

Komandan Batalyon Infanteri 141/AYJP Letkol Inf Aswin Suladi, S.E., M.Ak. menjelaskan, bahwa untuk menjamin kesiapan jasmani tetap terpelihara, maka diperlukan alat uji dengan kriteria, methoda, cara pengujian dan sistem penilaian yang tepat sehingga menjamin obyektivitas dan validitas penilaian, serta mengetahui tingkat kesiapan jasmani Prajurit. “Salah satu cara atau methoda untuk mengetahui tingkat kesiapan jasmani prajurit maka diselenggarakan Aswas Uji Siap Jasmani Militer (USJM) kepada prajurit Batalyon Infanteri 141/AYJP, seperti yang dilakukan oleh Tim dari Disjasad ke Batalyon ini”, terang Danyonif. (rel)

Baca Juga
Penasumatera